Pages

Ads 468x60px

Labels

Saturday 7 October 2017

Start Menulis Lagi

Baru-baru aja bulan septemberan, ga sengaja ke-open blog aku ini lagi setelah fakum cukup lama ("sangat lama malah"). Setelah masuk ke dunia kerja, minat nulis sudah redup. Tiga tahun belakangan ini nyaris, udah ga nulis lagi. Kalau pun publish, paling cuma share tulisan yang aku baca (dengan menyertakan sumbernya tentunya).

Masuk di tahun ketiga profesiku sebagai Buyer di dunia kerja EPC, pas banget manhour kerja aku lagi agak turun. Ya makanya kali ini aku coba buat aktif nulis lagi karena sudah ga banyak overtime lagi saat weekend. Biasanya quality time weekend bersiin mini apartemen (baca-"kosan" hehe), olahraga, nyuci, masak, nyambi nonton konten youtube orang atau tv streaming, atau baca buku, yaah kenapa engga aku juga bisa aktif buat konten berupa tulisan..kan bisa lebih produktif.

Tapi mungkin di tulisan aku versi yang terkini akan agak lebih beda temanya. Wajarlah yah tiga tahun-nan yang lalu kan tulisan masih sebagai mahasiswa. Makanya tema-temanya mungkin lebih berkutat di-sekitar situ. Sebenarnya masih ada yang nanya via email terkait tulisan ku sekian tahun yang lalu, ada yang tentang dunia perkuliahan, ada yang tentang perlajaran malah. Kalau yang tentang dunia perkuliahan mungkin masih bisa aku jawab dengan ingatan pengalaman dulu, yang mungkin sekarang kondisi realnya sudah berbeda. Karena aku yakin semakin tahun berganti kan pastinya akan kurang lebih ada perubahan terupdate yang aku ga tau. Daan yang paling sulit sebenarnya ngejawab pertanyaan yang tentang pelajaran, karena ingatan tentang "pengalaman" dibandingkan "text book" emang jauh lebih kuat yang "pengalaman" kalau aku. Jadi tanpa bermaksud "ga mau bantu", tapi takut salah kasih jawaban. Paling aku cuma bisa jabarin "seingatku" dan/atau rekomendasikan sumber bacaan yang aku inget. Dan ke depannya, tulisan tentang pelajaran-pelajaran kuliah sebaiknya sudah tidak perlu aku publish. Meskipun beberapa file nya masih ada, tapi reference text booknya sudah hilang pas pindah ke jakarta. Dan kalau pun ada bukunya aku mesti baca ulang secara keseluruhan, supaya tidak salah penjelasana. Kalau urusan baca membaca, emang aku agak perfectionist jadi ga bisa setengah-setengah. Karena as per pengelaman khususnya buku tentang manajemen, ga bisa dibaca "setengah-setengah". Mesti overall memahasi pola pikir penulis. Even bisa jadi kita baru akan nemu benang merah di menjelang bab-bab terakhir. Dan setiap bab itu ga bisa berdiri sendir-sendiri. Dan buku ilmiah atau aku biasa bilang "text book" itu kan yang nulis ga main-main yah buat, jadi emang need time untuk mengolah bahasa yang cenderung "berat" itu ke sebuah kesimpulan. Dan problemnya adalah "aku sudah lupa" dan "malas" open text book lagi euy.. hehe, sorry yah.

Meskipun kesenangan baca masih ada, sekarang minat baca ku lebih ke buku-buku yang bertema "ringan". Buku kategori "ringan" menurut ku adalah seperti buku-buku kisah perjalanan hidup seseorang (biografi/autobiografi), buku yang mengulik tentang praktek nyata memahami psikologi anak, dan sejenisnya, yang basisnya lebih berdasarkan pada pengalaman narasumber atau pun penulis. 

Aku salah satu penyuka konten-konten youtuber atau pun blogger yang ada, khususnya kreator tanah air. Aku sangat appreacited banget dengan mereka yang sudah mau effort untuk membuat dunia maya lebih "berisi". Seringlah aku dapat inspirasi atau informasi berharga dari karya mereka. 

InsyaAllah aku akan aktif lagi menulis ke depan nya. Targetnya, InsyaAllah setiap bulan (minimal) aku akan publish 2 tulisan. Dan mudah-mudahan konten tulisan yang aku buat nanti akan seru untuk di baca dan bermanfaat tentunya.


0 comments:

Post a Comment